Ayo Bantu Sebarkan..!! Wanita Perlu di Catat! Benjolan Seperi Inilah yang Menjadi Ciri-ciri Kanker Payudara, Pastikan Kamu Langsung Cek Setelah Membaca !

Ketika saya sedang berada di kamar mandi, iseng-iseng saya memeriksa payudara saya. Tiba-tiba saya kaget, merasakan ada benjolan  kecil sebesar kacang tanah pada payudara kiri saya.  Kalau ditekan tidak sakit, tapi la lari.



Ah, paling-paling ini pembesaran klir saja, saya menghibur diri. Pasti nanti juga hilang sendiri. Ternyata dugaan saya salah, benjolan tadi makin lama makin membesar dan agak mengeras.

Saya semakin cemas dan khawatir. "Jangan-jangan kanker," pikir saya. Jadi cepat-cepat saya mendatangi seorang ahli bedah. la bertanya, "Sudah berapa lama ini, Bu?" Saya jawab bohong, “Yaah, kira-kira baru sebulan." Padahal benjolan ini sudah ada kira-kira setengah tahun yang lalu.

Dokter ini menganjurkan saya untuk segera menjalani operasi. la belum bisa memastikan apakah benjolan ini jenis yang ganas atau tidak. Tapi dugaan sementara mengatakan mungkin bukan jenis yang berbahaya.

"Kalau nanti setelah dibuka ternyata ganas, saya terpaksa mengangkat seluruh payudara Ibu," katanya pula. Saya hanya menganggukkan kepala tanpa banyak komentar, padahal saya semakin cemas.

Walaupun saya berusaha menghibur diri tapi rasa cemas itu tak kunjung hilang sampai saya dibedah. Operasi itu ternyata hanya berlangsung selama beberapa puluh menit. Begitu siuman, segera saya raba payudara kiri saya. Ah, ternyata masih utuh. Saya merasa lega bukan main dan bersyukur bahwa rupanya Tuhan masih memberkati saya.

Dua hari kemudian hasil pemeriksaan patologi lebih menguatkan lagi: negatif! Berarti bukan kanker! Saya gembira sekali. Langsung saya menceritakan kabar, gembira ini kepada anak-anak saya. Keesokan harinya saya diperbolehkan pulang. Namun, saya harus tetap rajin mengecekkan diri ke dokter. Demikian cerita seorang ibu.

Jangan takut dulu

Menurut seorang ahli bedah, dr. Idral Darwis dari -FKUIRSCM, kelainan seperti yang dialami ibu tadi merupakan kelainan payudara yang terbanyak.

"Namun, kelainan seperti apa pun  sebaiknya tetap waspada," pesannya.
Biasanya seorang ahli bedah yang berpengalaman akan menilai kembali jenis benjolan yang timbul dengan pemeriksaan fisik yang lebih teliti. Setelah itu baru dianjurkan tindakan operasi.

Selanjutnya untuk lebih memastikan diagnosis penyakitnya, dilakukan pemeriksaan patologi. Karena kelainan yang terbanyak dijumpai adalah bukan kanker, maka yang akan dibicarakan di sini adalah kelainan yang bukan kanker.

"Ciri khas kebanyakan wanita yang memeriksakan diri karena timbulnya benjolan pada payudaranya, hanya menunggu pernyataan dokter saja," kata dr. Idral yang mengkhususkan diri pada bedah penyakit tumor ini.

"Mereka tidak berani banyak bertanya. Padahal sebenarnya kalau mereka lebih berani bertanya secara lebih terinci akan lebih jelas persoalannya," tambahnya.
Dengan meneliti faktor-faktor risiko tinggi pada si pasien, dokter dapat memperkirakan kemungkinan diagnosanya. Soalnya, benjolan jinak saja puluhan jenisnya.

Pada umumnya bila seorang pasien datang memeriksakan diri ke dokter, dokter akan mengadakan wawancara pendek. Yang ditanyakan antara lain:

- Apakah sudah menikah/mempunyai keturunan/melahirkan anak pertama- pada usia berapa?

- Apakah ibu atau salah seorang saudara perempuannya (garis keturunan ibu) ada yang menderita kanker payudara?

Wanita di atas 40 tahun yang tidak menikah, atau wanita yang tidak mempunyai keturunan atau melahirkan anak pertama  di atas usia 35 tahun diperkuat lagi dengan ibu atau salah seorang saudara perempuannya kena kanker payudara, mempunyai risiko lebih tinggi kena kanker payudara.
Langkah berikutnya adalah melihat riwayat benjolan itu sendiri.

- Sudah berapa lama benjolan itu timbul?

- Apakah benjolan tersebut sakit. Bila sakit apakah ada hubungannya dengan masa haid?

Bagaimana keadaan benjolan tersebut: apakah keluar cairan dari puting, apakah benjolan timbul setelah kena suatu benturan, bagaimana keadaan kulit di sekitar benjolan dan lain sebagainya. Benjolan yang keras tidak terasa sakit menjelang haid, patut dicurigai.
Ayo Bantu Sebarkan..!! Wanita Perlu di Catat! Benjolan Seperi Inilah yang Menjadi Ciri-ciri Kanker Payudara, Pastikan Kamu Langsung Cek Setelah Membaca ! Ayo Bantu Sebarkan..!! Wanita Perlu di Catat! Benjolan Seperi Inilah yang Menjadi Ciri-ciri Kanker Payudara, Pastikan Kamu Langsung Cek Setelah Membaca ! Reviewed by ab on Agustus 15, 2017 Rating: 5
loading...